Sunday, November 6, 2022

Daftar Tempat Makan, Hangout & Cari Oleh-Oleh di Makassar

Makassar Kota Kuliner!

Sub judul diatas sepertinya pantas diberi gelar untuk kota ku tercinta ini. Pengen sedikit cerita, dari pengalaman menjamu dan mengurus sekian event Partai Demokrat Sulsel sejak tahun 2003 terutama event skala nasional, seringkali peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, menjejali saya dengan pertanyaan yang sama. Misalnya, kalo makan yang khas dimana? Seafood yang enak dimana? Atau kalau belanja oleh-oleh apa saja ya yang bagus? Hangout enak dan murah di Makassar di mana?

Akhirnya, karena sering bolak-balik ditanyakan seperti itu, beberapa tahun lalu saya buat list tentang tempat-tempat di Makassar yang kira-kira asyik buat tamu-tamu kami yang waktunya pasti gak lama di Makassar. List itu tadinya hanya saya tulis di notes handphone dan tiap kali ada yang tanya saya tinggal copy-paste dan kirim lewat sms atau WhatsApp. Beres!

Kali ini baru sempat publish di blog saya, itu juga karena di Makassar beberapa hari terakhir ini kembali dipenuhi dengan event nasional dan teman-teman yang jadi tuan rumah, kembali minta advis soal kemana, dimana & apa yang ada di Kota Makassar.

Nah, ini dia list nya!

Seafood :
Menu khas : pallumara (ikan bandeng kuah asam), kepiting, cumi, udang, kerang, ikan bakar kaneke, ikan bakar kudu-kudu, ikan bakar bandeng (bisa minta di bumbu rica-rica yang rasanya pedas segar asem atau bumbu parape yang rasanya manis gurih dengan tumisan bawang yang gurih). Seafood di Makassar biasanya disajikan standard dengan beberapa macam sambel cocolan dan serutan mangga muda.

1. Di sepanjang jalan mulai dari Jalan Datumuseng sampai Jalan Lamadukelleng ada beberapa restauran seafood besar (Misalnya, Ratu Gurih, Losari, New Dinar, Istana laut, Makassar Seafood, Ratu Gurih, RM. Kayangan, dll)
2. RM Losari adalah salah satu rumah makan seafood rekomendasi saya, selain tempat parkirnya sangat luas di bagian belakang resto, ada tempat shalat yang sangat layak, dan bisa menampung rombongan pengunjung dalam jumlah besar. Makanan favorit yang rekomended adalah ikan masak woku dan ikan bakar kaneke bumbu parape. Salah satu yang khas dari Rumah Makan Losari ini, adalah desert penutupnya jika lagi musim mangga, maka kita akan disajikan potongan2 besar mangga harum manis atau mangga golek. 
3. RM. Apong di Jalan Boulevard Panakukang & di Jalan Dipenogoro (menu rekomendasi : kangkung hotplate, kepiting telur asin, acar telur ikan)
4. RM. Nelayan : Jln Ali Malaka (dekat Jln Somba Opu). Ini Restaurant lama yang menu seafoodnya terkenal lengkap. Pesanan favorit saya adalah ikan Bakar Kaneke Polos, Cumi Asin, Ikan Asin Tumis Jeruk dan Acar Telur Ikan. Ada sekitar 6 macam Sambel Cocolan ditambah serutan mangga muda disajikan untuk teman makan ikan bakar di resto ini.
5. RM. 88 : Jln Yosef Latumahina (depan Kios Laga Ligo) yang khas adalah ikan bakar bandeng tanpa tulang dengan bumbu kecap. Resto ini terkenal enak dan gak mahal.
6. RM. Bahari : Resto langganan pejabat dengan menu seafood di Jl Yosef Latumahina tidak jauh dari RS. Hikmah atau belakang Hotel Aryaduta
7. RM Paotere, Jalan Sabutung. Lokasinya agak jauh di utara kota, namun sepadan karena bisa sekaligus lihat dari dekat pelabuhan ikan laut Paotere dengan deretan perahu tradisional nelayan. Lokasi yg bagus untuk yang suka foto-foto. Resto ini terkenal murah dan selalu rame kalau jam makan siang. Satu lagi istimewanya, yang mau menjajal vokal, habis kenyang makan Ikan, bisa langsung naik ke atas panggung dan nyanyi dengan iringan pemain elekton yang disediakan resto ini.
8. RM. Ulu Juku. Jalan Racing Centre yang Lokasinya dekat kantor Gubernur Sulsel. Resto ini salah satu favorit saya jika lagi pengen makan ikan berkuah. Menu andalannya adalah Sup Kepala Ikan Masak Pallumara.

Menu Daging Berkuah :
Coto.
Makanan ini adalah daging dan jeroan dengan kuah kental yang terasa nutty (karena pakai kacang goreng sangrai) dan kaya bumbu dan paling banyak disajikan di Makassar. Coto bisa mulai dinikmati sejak Pagi jam 7 sampai Malam hari. Coto disajikan dengan ketupat atau buras dan sambel petis.
Satu yang khas tentang makanan berkuah bagi orang Makassar, yakni kewajiban setiap resto menyiapkan potongan jeruk nipis di meja. Makanya, jangan heran kalau ketemu orang Makassar di Resto luar Pulau Sulawesi, mereka pasti akan sibuk minta jeruk dan akan bersungut-sungut jika akhirnya cuma bisa diberikan cuka sebagai pengganti jeruk nipis. ðŸ˜„

Lokasi Warung Coto Rekomendasi saya:
1. Coto Nusantara. Jl Nusantara dekat pelabuhan
2. Aroma Coto Gagak. Di Jalan Gagak sudut Jalan Kakaktua
3. Coto Daeng Tayang di Jl Sultan Hasanuddin (depan RM Ayam Goreng Sulawesi)
4. Coto Paraikatte di Jalan Pettarani tidak jauh dari kantor KPU Provinsi Sulsel

Selain Coto, makan berkuah dengan isi daging dan/atau jeroan, di Makassar dikenal juga Konro, Pallubasa dan Sop Sodara, dll.
1. Konro Karebosi : di jl Lompobattang , dengan menu andalan iga daging sapi kuah yang wangi dan tajam berbumbu atau iga panggang (jadi mirip ribs steak) dengan kuah terpisah dan cocolan dengan bumbu kacang.
2. Pallubasa : di jl Onta Lama, di Jalan Serigala, atau di jalan Sultan Hasanuddin depan Hotel Singgasana. Pallubasa adalah potongan daging dan jeroan pilihan seperti pipi sapi dan kikil yang disajikan dengan kuah berwarna kuning yang wangi yang disajikan dengan kelapa sangrai dan bisa juga ditambahkan dengan telur ayam kampung mentah di kuah yang disajikan panas-panas tersebut yang katanya bisa untuk memulihkan vitalitas.
3. Sop Sodara lokasinya ada di Jalan Andalas yang biasanya disajikan dengan Ikan Bakar Bandeng & di Jalan Sulawesi (yang ini tanpa ikan bakar dan lokasi di depan toko oleh2 cahaya) yang buka sampai tengah malam. Sop Sodara adalah Menu daging berkuah yang kemerahan karena kaya rasa & bumbu, yang lumayan terasa pedas merica dan disajikan dengan soun, perkedel dan telur itik rebus.
4. Sop Haji Inam di Jalan Cendrawasih. Yang buat Sop ini khas sejak lama adalah kuahnya yang segar, bening dan tidak berat seperti kuliner Sop daging khas Makassar lainnya. Wangi dominan sop ini dari daun sup dan bawang goreng. Khas lainnya adalah ukuran burasnya yang besar.
5. Sop Ubi di Jalan Lembu dan Jalan Datumuseng (dalam lorong depan Sekolah Islam). Sop Ubi adalah Sop Kuah dengan campuran potongan ubi goreng, soun, tauge, potongan daging, dan paru goreng. Dulu saya paling sering makan di Jalan Datumuseng, tapi belakangan setelah ada Sop Ubi di Jalan Lembu, saya lebih milih kesana, potongan daging dan parunya dalam setiap porsi buaanyaakk dan empuk banget. 
6. Sop Lidah Lamuru, yang awal berdirinya terletak di Jalan Lamuru di bagian utara kota. Saat ini lebih mudah ditemukan di Jalan Rusa seberang jalan dengan mesjid. Sop Lidah Sapi dengan kuah yang gurih ini terkenal dengan isian utama Lidah sapi yang empuk atau boleh juga minta digabungkan seporsi dengan paru sapi goreng atau daging sapi. Sangat nikmat jika dinikmati panas-panas dengan sepiring nasi putih dan telur rebus.

Bakso Khas Makassar :
1. Bakso Ati Raja : Jalan Gunung Merapi dan Jalan Lanto Daeng Pasewang. Rumah makan ini sudah menyiapkan paketan dalam box yang bisa ditenteng untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. 
2. Bakso Toraja (gerobak) : lokasi di jl sungai tangka samping mesjid immim (sekarang pindah di belakang Rujab Gubernur) atau di jalan Lasinrang samping Toko Ende. Khas dari bakso toraja ini adalah selain kuah yang beda dari bakso Ati Raja dan bakso jenis lainnya, dagingnya juga berasal dari kerbau sehingga rasanya lebih terasa fatty dan gurih. Disebut Bakso Toraja, karena semua yang menjual bakso ini pasti orang Toraja. 
3. Bakso Lorong 100 (gerobak) : jl gunung latimojong dekat bengkel suzuki (bakso ini terkenal dengan bakso halus yang pakai lebih banyak daging sehingga sangat empuk dan lembut).

Ayam Goreng :
1. Ayam Goreng Sulawesi di Jalan St. Hasanuddin, Jalan Sulawesi, dan Jalan Pattimura. Ayam Goreng Sulawesi adalah ayam kampung yang sudah diungkep dan didominasi taste kecap manis yang gurih. Pesan juga sate ayam dan sup ayam khas yg bening dan segar.
2. Ayam Goreng Pasir Putih di Jl. Lagaligo, sudut Jl. Jend. Sudirman. Ayam Goreng Kampung yang rasanya sama dengan Ayam Goreng Sulawesi.
3. Ayam Goreng Ratu Muda terletak di Resto Ratu Muda di Jalan Rusa. Ayam Goreng Kampung yang garing & gurih. Menu lain adalah seafood.

Mie :
Di Makassar terkenal dengan budaya makan mie di malam hari. Budaya ini awalnya dimulai oleh anak-anak muda Makassar di tahun 80-90an yang kelaparan setelah pulang nonton film yang diputar tengah malam (midnight) di bioskop terbesar di era tersebut yang berada di wilayah pecinan, di seputaran Jalan Sulawesi. Sehingga Mie jenis inilah, yang kadang disebut Mie Kering, yang jadi pilihan karena selain masih buka di jam tersebut, harganya pun terbilang murah. 

Pemilik warung mie ini semuanya masih satu keluarga dan membuka warung mie dengan nama mereka masing-masing dan sampai saat ini masih dilanjutkan oleh anak-anaknya. Salah satu keunikan mie ini adalah cara masak mie yang sampai saat ini masih gunakan kayu bakar untuk memasak sehingga aromanya ikut terasa. 

1. Mie Awa di Jalan Sulawesi. Mie ini adalah mie yang digoreng kering sejenis ifu mie dan dicampur dengan sayuran berkuah kental lengkap dengan ayam, udang, dan cumi sehingga mirip cap cay. Resto ini hanya buka malam hari sampai jam 1 dini hari. Wajib coba juga variasi lainnya yang hanya ada di Mie Awa yakni Mie Celup yang mienya di panggang.
2. Mie Titi Jl Irian, Jl Datumuseng, Jl Boulevard Panakukang. Menu Mie Kering.
3. Mie Anto di Jalan Sumba. Menu Mie Kering.
4. Mie Pangsit : Mie Pangsit, lebih sering dinikmati warga Makassar sebagai Makan pagi dan Siang. Adapun Resto yang menyiapkan menu ini adalah
a. Kios Lagaligo. Jl Arif Rate/Sudut Jl Yosef Latumahina Menu andalan Mie pangsit dan banyak menu-menu standar sepeti mie goreng, mie jawa, bubur, dan nasi goreng
b. Kios Niagara di Jalan Lagaligo
c. Kios Ang Ping Lao (Non Halal) di Jalan Sulawesi (samping pura)
d. Warkop Mangkura di Jalan Lagaligo
5. Mie Pelangi di Jalan Ratulangi seberang Hotel Sahid dan Mall Ratu Indah yang terkenal sejak lama dengan menu Mie Goreng Hokkian, Mie Kering Kanton, dan Nasi Goreng Merah yang selalu jadi favorit orangtua saya karena rasanya yang tidak pernah berubah sejak jaman saya masih kecil.

Kapurung
Pernah dengar nama makanan ini? Makanan ini khas dari Kota Palopo dan ada teman saya yang tiap kali bertugas ke Makassar dari airport pasti langsung ke Warung Kapurung tanpa cek in ke hotelnya terlebih dahulu saking gemarnya dengan kuliner ini. Makanan berkuah ini terbuat dari sayuran segar, jagung serut, ikan/ayam + udang untuk proteinnya, dan sagu. Kuah Kapurung rasanya asam dan segar karena memakai Asam Patikala yang hanya banyak tumbuh di Kota Palopo dan hanya disajikan panas-panas. 
Jangan heran jika memesan Kapurung, kita kadang harus menunggu beberapa saat karena setiap porsi yang dipesan, harus dibuat langsung sehingga tetap segar ketika tiba di hadapan kita. Kapurung ini enaknya disantap siang hari, karena paduan panas, segar, asam, dan wangi nya cocok buat yang mau makan kenyang namun tidak full. Jangan lupa tambahkan sambel dan jeruk nipis untuk menambah selera makan. 
Bagi yang tidak terbiasa dengan tekstur sagu masak di Kapurung, yang sepintas nampak seperti gumpalan lem, mungkin awalnya agak ragu mencoba. Namun, yakinlah kalau makanan ini wajib dicoba karena saya juga yang awalnya ragu, akhirnya malah ketagihan. Kapurung ini sering disajikan juga dengan ikan bandeng goreng, peyek mairo (teri) goreng, dan lawa' (suiran daging ayam/teri mentah yang dimatangkan dengan campuran jeruk, cuka, dan kelapa goreng).
Lokasi 
1. Kapurung Kasuari di Jalan Kasuari. Jangan lupa coba peyek mairo nya ya, dijamin ketagihan kriuk-kriuknya. Yumm!
2. Aroma Palopo dahulu di Jalan Rajawali, namun sekarang sudah miliki beberapa Cabang di Ruko Mirah II blok D2 di Jalan Pengayoman atau di BTP Jalan Tamalanrea Jaya Blok C 12 A. Yang khas dari warung ini adalah Lawa Mairo yang dicampur dengan bunga jantung pisang muda. Lekker! 

Jajanan dan Snack Sore :
1. Es Pisang Ijo & Es Pallubutung
Kios Muda Mudi di jalan Rusa, Di sana sedia juga Jalangkote (pastel) & Lumpia Goreng Makassar dan makanan khas Makassar lain seperti mie kering, nasi campur makassar, gado-gado, bakso dan buras makassar
- Kios Bravo di jalan Andalas
- Kios Nagoya Fushion Resto di jalan Lasinrang, yang merupakan favorit baru tempat makan es pisang ijo saya karena kulit pisang ijonya yang lebih wangi pandan, kenyal, dan kuah santannya yang gurih. 


2. Di Sepanjang jalan Lasinrang, tidak jauh dari mesjid baitul Karim, juga menjual Es Pisang Ijo, Es Pallubutung, dan Jajanan jalangkote & lumpia makassar (lumpia garing)

3. Es Putar khas makassar yang merupakan es krim serut tradisional dari santan:
- Papa Bonbon. Jl Gunung Nona. Khas es serut dengan macam2 rasa dan topping dengan tampilan moderen. Disajikan pilihan makan es putar dengan Roti Bulat, Wafel, atau Es Krim Cone.
- Es Putar di gerobak yang mudah di dapat di sepanjang Jalan Somba Opu

4. Pisang Epe : di sepanjang jalan Lamadukelleng dan sekitar Pantai Losari

5. Kue-kue tradisional khas makassar (barongko, katrisala, cucur, dll) :
Cafe Mama di jalan Serui dan jalan Bau Mangga, menyediakan banyak jenis kue tradisional makassar dengan bahan2 premium, tersedia juga berbagai jenis menu makanan utama seperti nasi campur, bubur menado ala cafe mama yg kental karena labu kuningnya, lontong sayur dsb.
- Toko Jaya Balla Kanrejawa jl. Kumala,
- Cafe Kanrejawa Medika Jl Boulevard Panakukang Topaz I F.77. Cafe ini juga sediakan menu makan prasmanan ala rumahan makassar untuk makan siang dan malam.

6. Otak-otak ikan Tenggiri :
- otak-otak ny. Elly jl kijang (bisa via GoFood)
- ada juga dijual di toko oleh2 makanan yg paling besar di Makassar di Toko Cahaya jalan Irian

Belanja Oleh-Oleh :

Makanan Kecil
Toko Cahaya di Jalan Sulawesi ( menjual segala macam oleh-oleh makanan makassar seperti kacang telur, kacang disco, kacang warna, markisa asli tanpa pemanis buatan lain, kopi toraja, minyak tawon, selai kaya makassar, dempok durian khas palopo, sutra, souvenir kecil, dsb)

Kain Sutra Asli & Kain Lagosi Wajo
Harga Sutra bervariasi. Harga sutra meteran lebih murah dari sutra satuan. Sutra meteran motif garis atau kotak lebih murah dari sutra motif Lagosi. Harga sutra berkisar antara 35rb-75rb per meter untuk motif garis, kotak atau polos. Sedangkan untuk motif lagosi berkisar di harga 100-150 rb per meter. Sementara kain sutra asli baik motif kotak atau lagosi satuan berkisar di harga 350rb, 650rb, 750rb sampai 1jutaan. Harga ini tergantung dari kerumitan motif, kehalusan kain dan mutu pengerjaan.
- Sumber Sutra di jalan lompobattang (sebelum Konro Karebosi)
- Aneka Sutra di jl Boulevard Panakukan

Souvenir
Jika mencari buah tangan kecil seperti kipas sutra, tempat lipstik dan dompet bahan sutra, gantungan kunci toraja, patung pengantin bugis, baju bodo dan asesorinya, rumah toraja dll., bisa mencari di toko-toko souvenir di sepanjang Jalan Pattimura dan Jalan Somba Opu

Kopi Toraja, Kue, dan Makanan Khas Tradisional
Bagi Penggemar Kopi terutama mau mencoba Kopi Khas Toraja dengan berbagai varietas kopi dan cara saji yg unik, bisa ke Toarco Toraja Coffee, Jln Latimojong 105 (cek di google map). Tempatnya cozy bagi coffee lovers untuk sekedar berlama-lama ngobrol sambil coba segala tipe ketajaman dan keasaman kopi toraja. Tempat ini juga sediakan segala jenis makanan khas cafe.

Satu lagi Toko Kopi Asli yang konon sudah ada sejak jaman Belanda adalah Toko Kopi Ujung di Jalan Somba Opu. Di toko ini, bisa pilih biji kopi sendiri dan digiling sesuai keinginan (halus atau kasar). Belanja kopi di tempat ini dijamin asli dan bahkan jika beruntung bisa ketemu dengan ownernya yang akan cerita banyak tentang kopi. FYI saja, toko ini sudah ikut tampil di Film Filosofi Kopi. Selain Kopi, Toko Ujung juga menjual oleh-oleh lain sebagai buah tangan. 

Nah, jika ingin mencoba langsung nikmati kue-kue tradisional Bugis Makassar dengan suasana nyaman, salah satu pilihan yang banyak saya rekomendasikan adalah di Cafe Mama. Harga kue-kuenya memang diatas harga kue tradisional rata-rata, namun harga ini sebanding dengan kualitas bahan yang digunakan.

Cafe Mama terletak di Jalan Serui dan di Jalan Bau Mangga (masuk dari jalan pengayoman panakukang atau jl hertasning). Menu andalan : Es krim home made, Kue2 khas makassar, Es pisang ijo, pallubutung, bubur bassang, Bubur menado, lontong campur, Nasi Ketan Hitam, serundeng & ikan asin, nasi bakar,

Sarapan Pagi :

Nasi Kuning Makassar :
Bosan dengan sarapan pagi ala hotel?
Banyak tamu saya yang akhirnya saya ajak ke tempat-tempat orang Makassar ngumpul untuk sarapan setelah merasa bosan dengan sarapan sajian hotel. Sarapan orang Makassar memang kelas 'berat', karena kalau bukan coto yang pakai ketupat/buras dengan daging dan jeroan, atau mie pangsit, maka pilihan lainnya adalah Nasi Kuning lengkap.
1. Nasi Kuning Riburane di jalan Riburane/sudut Jalan Sulawesi sebelum kantor walikota Makassar
2. Nasi Kuning Eva Ria di jalan Pasar Ikan mangkal di depan Warkop Tong Sang (depan Hotel Makasaar Golden Hotel), juga tersedia nasi ketan dengan ikan asin dan daging toppalada (masak cabe)
3. Nasi Kuning Popsa di jalan Pasar Ikan, depan Fort Roterdam, masuk ke tempat parkir boat untuk menyebrang menuju Pulau. Menu andalan nasi kuning, nasi campur, nasi ketan dgn ikan asin & serundeng kelapa, dan lontong campur.

Warung Kopi Khas Makassar:
1. Phoenam di Jalan Laiya samping Hotel Yasmin. Menu andalan roti bakar kaya, roti kornet, roti telur, dan telur ayam kampung setengah matang.
2. Warkop Tongsang, di Jalan Pasar Ikan. Selain kopi teh dan kue tradisional, juga sedia nasi kuning, nasi campur, dan nasi ketan eva ria. Jangan lupa nikmati Kue Baroncong panas, di gerobak yang mangkal di depan warkop. Kue khas Makassar ini enak dikonsumsi dalam keadaan panas atau hangat dan baunya terasa wangi butter. Kue Baroncong ini terbuat dari campuran tepung beras dan tepung terigu, kelapa muda parut dan santan, kemudian dipanggang diatas bara api yang masih gunakan kayu bakar. Kue ini mirip Kue Pancong di Jakarta karena pakai besi untuk mencukil kue yang sudah matang di panggang.
3. Warkop Mangkura di Jalan Lasinrang/sudut Jalan Lagaligo. Menu : bubur ayam, nasi kuning, pangsit ayam dll.
4. Warkop Arnum, buka sejak jam 7.30 pagi. Selain menyediakan kopi dan teh, juga menyediakan nasi kuning, kue2 pasar, tahu daging, dan yang paling menjadi favorit saya adalah Minuman Jahe Lemon Madu hangat. 
5. Warkop Olala, Jl Boulevard Makassar. Selain kopi & teh susu khas warkop, tersedia juga pisang dan ubi goreng, kue-kue tradisional, Bubur Menado, Nasi ketan dgn serundeng kelapa & ikan asin.
6. Warkop Azzahrah di Jalan Bandang. Buka sejak selesai shalat subuh sampai malam jam 12. Selain kopi, sedia kue-kue khas tradisional Makassar seperti barongko.
7. Dapur Sulawesi di Jalan Pattimura Sudut Jalan Pasar Ikan. Selain ngopi, disini sedia juga Nasi Kuning yg gurih, nasi ketan dengan lauk daging toppalada khas Makassar, bubur jagung khas Makassar yakni bubur bassang yang dimasak dengan santan manis gurih, bubur ketan hitam, roti bakar, pisang & ubi goreng. Tempat ini selalu ramai sejak pagi - sore. Tips jika datang dengan rombongan besar, buat juga catatan sendiri pesanan, pelayannya sering salah mencatat & akhirnya kita kaget sendiri pas membayar di depan kasir.
8. Warkop Makassar lainnya yang terkenal adalah Warkop Daeng Sija dan Warkop Dottoro. Warkop Daeng Sija  banyak tersebar di kota Makassar yang lokasinya ada di Jalan Boulevard Panakukang, di Antang, BTP Tamalanrea, Toddopuli Raya Borong, Panakukang Square, Ruko Topaz dsb. Sementara Warkop Dottoro berlokasi di Jalan Jampea, Jalan Lamputang, Jalan Veteran, Kompleks Bisnis Centre III Jl Pettarani,  dan Jalan Tinumbu. Satu catatan saya tentang warkop ini adalah pengunjungnya di dominasi laki-laki dan sebagian besar adalah  area bebas merokok. Jadi silahkan buat pilihan sesuai kebutuhan yaa...

Hangout Malam Setelah Jam 10
1. Ada Pasar Segar di Jalan Pengayoman Panakukang. Disana kumpulan kafe tradisional yang buka sampai lewat tengah malam. Menu khas Songkolo Bagadang (nasi ketan begadang, nasi ketan hitam, serundeng, telur asin & ikan asin).
2. Kampung Popsa di Jalan Pasar Ikan seberang Fort Rotterdam. Buka Sejak Siang sampai tengah Malam dan tawarkan view ke laut lepas dan kesibukan pelabuhan kargo yang ada di sebelah kanan resto ini. Pilihan makanan sangat beragam dan ramai di malam hari.
3. Jika memilih menikmati malam dengan cara murah meriah, bisa kunjungi warung-warung di sepanjang Jalan Sungai Cerekang yang sediakan Sarrabba Hangat (sejenis bandrek) lengkap dengan gorengan ubi, sukun, dan pisang. 
4. Jika Lapar, tak jauh dari tempat hangout di Jalan Sungai Cerekang ini ada rumah makan Citra yang sediakan Nasi Goreng merah dan mie goreng kanton sampai tengah malam. 
6. Hiburan Malam ala clubbing juga ada, walaupun tidak akan saya tuliskan karena belum pernah kunjungi tempat-tempat seperti itu X))


Cafe-Cafe Premium untuk tamu-tamu VIP
1. Kultur House Makassar, Beach Lounge dan Cafe. Merupakan tempat baru di Makassar, yang berdiri di awal tahun 2023. Terletak di lokasi sangat strategis menghadap langsung ke laut lepas pantai losari. Di CPI Sunset Quay B/08, Citraland Losari yang buka dari jam 10 pagi - 10 malam. Berada di deretan ruko premium yang berhadapan langsung dengan Universitas Ciputra. Makanan disana berkisar antara Rp 150rb - Rp 250rb/pax menyediakan makanan indonesia, italian, dan western. Rekomendasi saya tentu deretan menu Steak Daging terbaik yang disajikan estetik dan menggugah selera. Paling tepat untuk menjamu tamu-tamu VIP anda. Selain itu deretan Cafe Premium Lain di Makassar seperti :
2. Panbakers, jl G. Latomojong dan Jl. Pettarani tidak jauh dari Gedung DPRD Kota Makassar
3. Floom jalan Onta, di tengah kota makassar
4. Anomali di Jalan ratulangi, berada di tengah-tengah jalan utama kota.
5. Grind and Pull di Jalan mappanyukki
6. Crematology di Mall Pipo Jalan metro tanjung bunga
7. Pancious Jl. Hertasning Raya
8. Black Canyon Coffe, Jl hertasning rya
9. Fire Flies, Jl Hertasning Raya
10. Numericca di resto estetik sudut Jalan Botolempangan dan Jl. Sawerigading
dan banyak lagi, tinggal di google makan akan muncul segala pilihan resto


Demikian, list kulineran di Makassar. 
Supaya Mudah dibagikan, silahkan Copy dan Paste link Blog saya ini : http://aerinnizar.blogspot.co.id/…/daftar-tempat-makan-hang…

Jika ada yang baru, akan terus saya update!

Enjoy Makassar!

No comments:

Post a Comment