Sunday, November 29, 2009

Tunanetra Demo Bank BCA

http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=39639
Sabtu, 28-11-2009 | 07:26:08 
Tunanetra Demo BCA
MAKASSAR, UPEKS--Sekira sepuluh penyandang cacat tunanetra yang tergabung dalam Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) dipandu puluhan mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadukan Bank BCA Cabang Ahmad Yani ke DPRD Sulsel.
Mereka diterima Tim Aspirasi DPRD Sulsel, Aerin Nizar dan Suzanna Kaharuddin, di lantai 1 Tower DPRD Sulsel, Rabu (25/11).Penyandang cacat tunanetra menyampaikan keluhan atas perlakuan tidak adil yang dilakukan oknum pegawai Bank BCA Cabang Ahmad Yani kepada Hamzah, terhadap salah seorang anggota Pertuni, ketika hendak membuka rekening di bank itu.
Menurut Hamzah, ketika akan membuka rekening di bank itu, oleh pegawai yang melayani menjelaskan bisa membuka rekening dengan syarat ada yang menjadi pengampuh, "Saya bingung apa itu pengampuh," katanya.

"Nanti belakangan saya tahu pengampuh itu adalah orang yang bisa mewakili. Itu yang saya tidak terima sebab menyulitkan saya, apalagi pengampuh itu hanya untuk orang gila, atau warga negara yang kawin dengan warga negara lain," ujarnya.
Ditambahkan rekannya yang juga anggota Pertuni, persyaratan yang dikenakan kepada warga tunanetra adalah bentuk pelecehan karena dianggap tidak cakap hukum, karena itu mereka mempertanyakan latar belakang munculnya kebijakan tersebut sebab dengan adanya pengampuh yang didasari akte yang ditandatangani di atas materai akan menambah beban ongkos."Sikap oknum pegawai BCA telah merendahkan kaum tunanetra, karena itu kami mohon anggota dewan sebagai wakil kami di parlemen bisa membantu menyelesaikan permasalahan ini.

Sementara itu Aerin Nizar dan Suzanna Kaharuddin setelah menerima pengaduan anggota Pertuni dan mahasiswa berjanji akan menyampaikan persoalan tersebut ke pimpinan dewan untuk ditindaklanjuti. Selanjutnya sepuluh anggota Pertuni bersama mahasiswa UNM melanjutkan aduannya ke Komisi Ombudsman Makassar di Jalan Urip Sumoharjo. (syahril) http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=39639

No comments:

Post a Comment