Saturday, March 26, 2011

Demokrat Sulsel Bentuk 24 Korkab

Demokrat Sulsel Bentuk 24 Korkab











http://demokratsulsel.com/berita/58-demokrat-sulsel-bentuk-24-korkab

DPD Demokrat Sulsel mulai mengintensifkan konsolidasi organisasi dengan membentuk 24 koordinator kabupaten/koordinator kota (korkab/korta).Setiap koordinator itu bertugas membantu pelaksanaan musyawarah cabang (muscab) dan mem-back up DPC dalam melaksanakan program dalam menghadapi sejumlah momen politik di Sulsel.

Rencananya, para korkab/korta akan ditetapkan pada bulan ini. "Keberadaan koordinator ini sifatnya permanen.Korkab dan korta akan dijabat oleh pengurus DPD Demokrat Sulsel atau pengurus DPC yang memiliki integritas dan membesarkan partai," jelas Direktur Eksekutif DPD Demokrat Sulsel Sukman Baharuddin, kemarin.

Sukman menjelaskan, para korkab/korta itu wajib melaporkan segala perkembangan DPC secara intens ke masingmasing koordinator daerah (korda).Korda bertanggung jawab langsung terhadap Ketua DPD Demokrat Sulsel Ilham Arief Sirajuddin. "Jumlah korda yang dibentuk menyesuaikan jumlah daerah pemilihan (dapil) yakni sebanyak tujuh orang.Setiap korda akan dibantu oleh sekretaris," urainya.

Wilayah korda yang akan yakni Korda I meliputi Makassar, Korda II (Gowa, Takalar, dan Jeneponto),Korda III (Bantaeng, Bulukumba,Sinjai,Selayar), Korda IV (Maros, Pangkep, Barru,Parepare),Korda V (Bone, Soppeng,Wajo),Korda VI (Sidrap,Pinrang, Enrekang, Tana Toraja), dan Korda VII yang meliputi Luwu, Palopo, Luwu Utara,dan Luwu Timur. "Kader yang berpeluang menjadi korda, kemungkinan besar dari pengurus DPD provinsi kecuali untuk jabatan ketua.

Dengan adanya korda dan korkab/korta ini akan memudahkan dalam berkoordinasi dengan pengurus DPD Demokrat Sulsel,"tandas mantan politisi Golkar Sulsel ini. Informasi yang diperoleh SINDO, para kader yang menguat jabatan korda didominasi legislator Fraksi Demokrat DPRD Sulsel. Antara lain Andry S Arief Bulu,Irwan Patawari, Ni'matullah,A Januar Jaury, Aerin Nizar, dan Yusa Rasyid Ali. Selain itu, sejumlah eks calon bupati dan wakil bupati turut diplot untuk menjadi korda maupun korkab/korta seperti A Maddusila A Idjo, Sulham Hasan, dan Victor Datuan Batara.

Ketua Divisi Publik Daerah DPD Demokrat Sulsel Syamsu Rizal yang dikonfirmasi secara terpisah menjelaskan, penyusunan korda dan korkab/korta merupakan salah satu agenda utama dalam konsolidasi organisasi." Kami sudah membentuk Desk Konsolidasi yang dipimpin langsung oleh Ni'matullah. Desk ini akan dibantu oleh lima tim kerja, termasuk dalam hal penyusunan korda," jelasnya. Ketua PMI Makassar ini menambahkan, semua kader memiliki peluang yang sama untuk menjadi korda maupun korkab/korta.

Dengan catatan, para kader yang berkeinginan menjabat posisi itu wajib melalui uji kelayakan dan kepatutan. "Semua ada tahapan yang harus dilalui demi mengetahui visi misi ketika ia akan menjabat sebagai korda," ujar mantan politisi PDK Sulsel ini. Para korda dan korkab/kota dijadwalkan akan mulai bekerja pada awal April mendatang sekaitan dengan agenda pelaksanaan muscab di 24 kabupaten/ kota. Daerah yang paling pertama melaksanakan muscab yakni Gowa dan diakhiri di Kota Makassar.Muscab ditargetkan rampung pada bulan Juli dan dilanjutkan dengan musyawarah anak cabang (musancab).SI-mulyadi abdillah.

No comments:

Post a Comment