Friday, April 8, 2011

Ratusan Calhaj Mengaku Ditipu KBIH

Ratusan Calhaj Mengaku Ditipu KBIH
http://www.makassarterkini.com/index.php?option=com_content&view=article&id=2240:ratusan-calhaj-mengaku-ditipu-kbih&catid=44:info-terkini&Itemid=139

Ratusan Calhaj Mengaku Ditipu KBIH


MAKASSAR – Calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Pinrang mengadukan Direktur Utama Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Miftahul Khair berinisial Ham ke DPRD Sulsel,kemarin.

Mereka mengaku menjadi korban penipuan yang dilakukan KBIH tersebut. Koordinator Calhaj Pinrang Burhan mengatakan, tercatat ada 183 calhaj yang menjadi korban dengan total kerugian mencapai Rp4,1 miliar.Jumlah itu diasumsikan dengan besaran setiap dana yang disetor setiap calhaj berkisar Rp22 juta hingga Rp23 juta. Jumlah itu khusus calhaj yang telah menyetordananya pada2008-2009. “Kami sangat dirugikan, sebab janji pemberangkatan pada tahun lalu batal tanpa alasan jelas.

Kemudian tahun ini setelah bosan dijanjikan, calhaj ingin meminta dananya dikembalikan. Namun,Ham tidak bersikapkooperatif,” ujarnya saatmenyampaikan aspirasi di ruang Fraksi Demokrat Sulsel, kemarin. Sejumlahcalhajyangtertipu ini rata-rata pendaftarannya dititipkan melalui daerah lain di Pulau Jawa, seperti Bekasi, Cianjur,Solo,Garut,Sukabumi.

Bahkan, sebagian dari mereka sudah menerima nomor porsi sebagai tanda sudah terdaftar sebagai calhaj reguler. Dalam melakukan aksinya, Ham selalu mengatasnamakan lembaga ternama dan memperlihatkan video promosi yang berisi kesuksesannya memberangkatkan calhaj ke Tanah Suci. Murni,salah seorang calhaj lain, mengaku tergiur memilih KBIH Miftahul Khair karena menawarkan pemberangkatan lewat provinsi lain.

Apalagi Murni mengetahui untuk lewat jalur Provinsi Sulsel harus menunggu waktu hingga belasan tahun. “Saya sudah setengah mati kumpulkan uang itu untuk naik haji. Giliran sudah siap, ternyata batal. Kemudian ketika mau diminta kembali, justru dana itu sulit dicairkan dengan alasan sudah tidak terdaftar lagi di rekening bank,” tuturnya, sambil memperlihatkan bukti setoran dana ONH di Bank Syariah Mandiri Kantor Kas Bekasi Timur Ruko Kalmas Blok C-5 beserta nomor porsi yang diberikan Ham.

Ketua Fraksi Demokrat Ni’matullan bersama Sekretaris Fraksi Demokrat Aerin Nizar,berjanji akan menuntaskan masalah ini. Bahkan, dua legislator ini dalam waktu dekat akan menemui Kanwil Haji Sulsel.“Saya akan mengawal persoalan ini, baik melalui institusi DPRD maupun posisi saya sebagai politisi,” paparnya.

Kuasa hukum calhaj asal Pinrang M Rusydi menegaskan, telah melayangkan somasi kepada Ham.Dia mengatakan, setelah melakukan penelusuran di Kementerian Agama (Kemenag) dan Kanwil Haji Sulsel, ternyata nomor registrasi KBIH ini tidak terdaftar. SI-suwarny dammar

No comments:

Post a Comment