Saturday, December 1, 2012

Legislator Perempuan Bersiap Menghadapi Pemilu 2014

http://www.jarrakonline.com/detail-3510-legislator-perempuan-bersiap-menghadapi-pemilu-2014.html
Jumat, 30 November 2012 - 18:29:14 WIB
Kategori: Gender - Dibaca: 37 kali



Makassar  - Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPPRI) bekerjasama dengan Indonesian Parliamentary Center (IPC)  dengan dukungan National Democratic Institute (NDI), mengadakan Pertemuan Strategis Gerakan Perempuan Untuk Pemilu 2014 di Hotel Morrisey Jakarta.

Tak dapat di pungkiri banyaknya ruang untuk perempuan Indonesia yang ingin berkiprah di dunia politik praktis Indonesia semakin menunjukkan eksistensi dan kualitas mereka dalam forum baik yang berskala lokal,nasional bahkan internasional.

Salah satu srikandi partai Demokrat yang akrab di sapa Aerin Nizar ini boleh berbangga pasalnya dirinya terpilih mewakili Sulsel untuk mengikuti pertemuan di Jakarta terkait keterlibatan perempuan pada Pilpres dan Pemilu di 2014 mendatang.

Tujuan di adakannya pertemuan tersebut  yang pertama mengindentifikasi isu-isu strategis yang menjadi masalah dan tantangan ketika perempuan maju kembali di pemilu 2014 mendatang. Kedua, menformulasikan dan merekomendasi apa-apa saja yang nantinya menjadi bahan usulan pada partai politik maupun pemerintah nanti.

" Dari hasil rekomendasi dan formulasi  tersebut kita sebagai perempuan akan membuat action plan yang kami susun mengikuti jadwal KPU yang tujuannya mendorong keterwakilan perempuan baik secara kuantitas dan kualitas," ujarnya.

Aerin Nizar, legislator Partai Demokrat diundang sebagai anggota Kaukus Perempuan Parlemen Daerah mewakili Provinsi Sulawesi Selatan, dimana sekaligus juga  adalah Ketua Komisi B DPRD Sulsel, memaparkan bahwa pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut dari Lokakarya Nasional KPPRI yang berlangsung di Jakarta pada 7 - 8 September 2012 lalu.

Bahwa Pertemuan Strategis ini di fasilitatori oleh ibu Sri Budi Eko Wardhani, Direktur Eksekutif Pusat Kajian Politik (Puskapol) dari UI dan pesertanya adalah anggota DPRD Perempuan dari 14 daerah, pimpinan dan anggota Kaukus Perempuan Parlemen Indonesia, Kaukus Perempuan Politik Indonesia, Koalisi Perempuan Indonesia, Perwakilan Ormas dan Kampus.

Di Pertemuan Strategis ini Aerin mengharapkan bahwa outputnya bisa menjadi media awal untuk mengharmonisasikan kepentingan dan kebutuhan berbagai pihak yang berkepentingan seperti anggota parlemen perempuan, parpol dan masyarakat sipil dalam memperjuangkan isu strategis perempuan baik itu di tingkat nasional maupun daerah

"Saya berharap kegiatan tersebut akan menghasilkan sesuatu yang bisa diimplementasikan secara kongkrit di Sulsel sendiri tak terkecuali saya yang mewakili perempuan politik Sulsel dengan tetap menitik beratkan pada konsolidasi gerakan perempuan Indonesia dan perumusan strategi menghadapi Pemilu 2014 mendatang" ujar perempuan yang sebentar lagi akan berangkat ke Kamboja  sebagai Pelatih atau Trainer perempuan politisi Kamboja.

Pertemuan ini juga diharapkan mampu membangun jaringan antara anggota DPR, DPRD,dan Ormas dan media dalam membangun konsolidasi untuk memenangkan perempuan pada tahun 2014 mendatang.(Nina Anissa)

No comments:

Post a Comment