Saturday, December 8, 2012

Legislator Demokrat Sulsel Salut Alifian Mundur


http://makassar.tribunnews.com/mobile/index.php/2012/12/07/legislator-demokrat-sulsel-salut-alifian-mundur

Jumat, 7 Desember 2012 22:12 WITA

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM--Sejumlah legislator Partai Demokrat DPRD Sulsel mengaku salut atas sikap Andi Alifian Mallarangeng mundur sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Alifian yang juga Sekretaris Dewan Pembina DPP Partai Demokrat ini mundur lantaran tersandung kasus korupsi Hambalang.

Mereka, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sulsel Nimatullah, anggota fraksi Andry Arief Bulu, Januar Jaury Dharwis, dan Aerin Nizar yang juga Ketua Komisi B.

Nimatullah, mengatakan, sikap Alifian tersebut merupakan bukti kejantanan sebagai sosok pria bugis yang punya siri (malu). Meski, Anggota Komisi C ini merasa kehilangan Alifian di pentas politik.

"Ya, makanya kami sangat apresiasi dan salut sikap jantan beliau dalam menghadapi soal ini, kami pengurus partai Demokrat, khususnya di Sulsel merasa akan sangat kehilangan, karena beliau salah seorang kader yang peduli dan mudah berkomunikasi," kata Nimatullah kepada Tribun, Jumat (7/12).

Menurut Januar Jaury Dharwis, langkah Alifian yang juga mantan juru bicara (Jubir) Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ini sangat patut demi penuntasan kasus tersebut

"Yang sangat gentlement, keputusan ini guna membuka ruang bagi individu Andi Alfian untuk fokus dalam penyelesaian Hambalang dengan tidak ingin mengait-ngaitkan konsekwensi atau beban ke Partai Demokrat serta pemerintah," kata Januar kepada Tribun.

"Kita akan tunggu proses selanjutnya di mana semua pihak sama kedudukannya di mata hukum. Dan berharap hal ini menjadi pengadilan hukum untuk keadilan bukan pengadilan publik," Januar menambahkan.

Andry Arief Bulu yang juga Wakil Ketua DPRD Sulsel, mengatakan, mundurnya Alifian merupakan suatu kabar yang kurang menggembirakan bagi Partai Demokrat. Pasalnya, Alifian yang juga konseptor Multipartai Indonesia itu adalah tokoh yang membesarkan partainya.

"Hanya saja, sebagai partai yang menghargai proses hukum tentu saja kami memberikan penghormatan yang tinggi atas keputusan mundur di partai dan kabinet, mudah-mudahan persoalan ini bisa segera selesai dengan baik karena kami akan fokus untuk menghadapi pemilu 2014 yang tidak lama lagi," kata Andry

Bagi Aerin Nizar sikap Alifian tetap patut diapresiasi. Menurutnya, Alifian patut jadi contoh bagi pihak mana saja yang tersandung kasus korupsi dan tidak mencemari lembanga yang dinaunginya.

"Saya pribadi mengapresiasi dan salut atas sikap gentle Pak Alfian yang legowo mundur sebagai menteri dan anggota dewan pembina Partai Demokrat. Ini sikap teladan yang patut diperlihatkan oleh pejabat publik terlebih setelah adanya trend ketidakpercayaan publik pada pemerintah dan lembaga otoritas lainnya," kata Aerin kepada Tribun via blacberry messengernya, Jumat (7/12).

"Mundurnya seorang pejabat publik seperti ini jarang terjadi di Indonesia apalgi dengan keterlibatannya Andi Alifian Mallarangeng kan tidak secara langsung," ungkap Aerin

Penulis : ilham
Editor : imam

No comments:

Post a Comment