Tuesday, May 14, 2013

Anggota DPRD Sulsel Bangga CAPDI Digelar di Makassar


http://makassar.tribunnews.com/mobile/index.php/2013/05/13/anggota-dprd-sulsel-bangga-capdi-digelar-di-makassar

Senin, 13 Mei 2013 22:48 WITA

MAKASSAR,TRIBUN-TIMUR.COM--Konferensi perdamaian kawasan Asia Pasifik yang digagas sejumlah pemerintah di Asia Pasifik, Centris Asia Pacific Democrates International (CAPDI) dijadwalkan digelar di 19-22 Mei atau pekan depan, di Hotel Aryaduta, Jl Somba Opu, Makassar.

Anggota DPRD Sulsel menyambut baik rencana event internasional tersebut. Sekretaris Komisi D DPRD Sulsel Januar Jhaury Dharwis yang membidangi pembangunan, mengatakan, acara CAPDI di Makassar nantinya sangat prospektif.

"Kehadiran mereka merupakan peluang untuk menawarkan semua potensi yang dimiliki oleh Sulsel terutama dari sisi ekonomi dan pendidikan, khususnya Makassar sebagai kota hub di kawasan Indonesia timur," kata legislator Partai Demokrat ini kepada Tribun, Senin (13/5/13).

Namun, lanjut Januar, yang lebih penting diperhatikan menyambut acara tersebut adalah peluang masuknya informasi strategis terhadap anggota CAPDI harus siap dan komprehensif.

"Apakah kita sudah siap dan komprehensif? Apakah delegasi lobi kita sudah siap?. Dari sisi keamanan, saya yakin sudah siap karena itu dulu faktor utama untuk bisa melobi selanjutnya," Januar menambahkan.

Ketua Komisi B DPRD Sulsel Aerin Nizar yang membidangi pembangunan juga menyambut baik dan merasa bangga dipilihnya Makassar sebagai lokasi pertemuan CAPDI.

"Tentunya pilihan ke Makassar telah melalui beberapa pertimbangan akan pilihan kota-kota lainnya. Saya yakin kegiatan ini akan mengakselerasi pertukaran uang dan ekonomi di masyarakat di kota Makassar khususnya di sektor jasa seperti transport, hotel, dan makanan," kata legislator Partai Demokrat ini.

Menurut Aerin, keberhasilan acara CAPDI di Makassar nantinya dapat mendorong dilaksanakannya acara skala internasional lainnnya di kota Makassar.

"Karena ini akan menjadi perhatian bagi negara-negara lainnya jika ini berhasil, kesan baik akan Makassar tentu kita harapkan," Aerin menambahkan

Beberapa tokoh CAPDI yang dijadwalkan hadir di Makassar, yakni, Presiden Uni Eropa Jose Manuel Barroso, Mantan Presiden Finlandia Martti Ahtisari, Mantan PM Thailand Thanksin Shinawatra, Mantan PM Thailand Yingluck Shinawatra.

Selanjutnya, Wakil Presiden Filipina Jejomar Binay, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Perdana Menteri Malaysia Muh Najib bin Tun Razak, peraih nobel perdamaian Aung San Suu Kyi, dan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao.

Penulis : ilham
Editor : imam

No comments:

Post a Comment