Sunday, July 1, 2012

Perempuan Punya Peluang Besar

http://rakyatsulsel.com/perempuan-punya-peluang-besar.html

RAKYAT SULSEL . MAKASSAR – Data Pemilih Tetap (DPT) pada 2008 menunjukkan, suara perempuan di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) cukup besar perbandingannya dengan pemilih laki-laki, dengan jumlah pemilih sekitar 76 juta. Hanya selisih dua juta dibanding pemilih laki-laki yang jumlahnya sekitar 78 juta.

Hal tersebut terungkap dalam Pendidikan dan Pelatihan Perempuan Partai Demokrat Sulsel yang mengambil tema ‘Sinergitas dan Solidaritas Perempuan Partai Demokrat Untuk Kemenangan Bersama’ di Hotel Singgasana, Makassar, Jumat (29/6) yang diikuti puluhan kader perempuan Partai Demokrat dari 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Wakil Sekeretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Sulsel Aerin Nizar menuturkan, dengan melihat jumlah suara pemilih perempuan tersebut, berarti potensi pemilih perempuan jumlahnya sangat signifikan dengan suara laki-laki, hanya saja potensi suara yang besar tersebut belum diberdayakan dengan maksimal oleh sejumlah partai politik (parpol).

Dengan alasan tersebutlah, terang Aerin Nizar, perlu adanya pelatihan dan pendidikan politik bagi kaum perempuan agar lebih tahu dan sadar betapa pentingya sebenarnya perempuan yang juga bisa dan mampu memberi kontribusi lebih dalam dunia politik dan bisa jadi penentu kebijakan pemerintah.
Tidak hanya itu, acara tersebut jelas Aerin Nizar selaku Ketua Panitia Pendidikan dan Pelatihan Perempuan Partai Demokrat Sulsel menambahkan, kegiatan tersebut juga sekaligus untuk menguatkan posisi serta untuk membuka jalan bagi kader perempuan Partai Demokrat di Sulsel untuk mempersiapkan diri maju pada Pemiliuhan Umum (Pemilu) 2014 dan bisa duduk di kursi parlemen.

“Dalam Undang-undang (UU) Parpol kan mengamanatkan 30% kader yang maju sebagai calon anggota legislatif harus perempuan. Dan adanya jaminan sekurang-kurangnya satu hingga tiga kursi perempuan untuk semua daerah pemilihan ditingkat DPR, DPRD, Provinsi, kabupaten/kota, sehingga para perempuan ini harus siap bertarung dengan kaum laki-laki,” jelas anggota DPRD Sulsel ini.
Dalam pelatihan tersebut, hadir sebagai pembawa materi anggota DPRD Sulsel dari Fraksi Partai Demokrat Misriani Ilyas, Ni’matullah dan Mantan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel Andi Tenri Pallalo.(RS9/not/D)

No comments:

Post a Comment